SISTEM PENGAMAN RUANGAN
MENGGUNAKAN PASSWORD
Cosmastomo
Arnandi1, Mokhammad Saddam Yusuf2, Susanto
Eko Sulistyanto3,
Samuel BETA4
Prodi Teknik
Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang
Jl.
Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275
E-mail
: 1dhimas.cahya@gmail.com, 2sadamyusuft@yahoo.com, 3shoelist31@gmail.com, 4sambetak2@gmail.com
Intisari - Sistem Pengaman Ruangan Menggunakan Password adalah
sebuah sistem yang digunakan sebagai pengaman ruangan dalam suatu instansi.
Modul ini menggunakan Keypad sebagai masukkan password dengan LCD sebagai keluaran
yang akan menampilkan karakter password yang dimasukkan. Jumlah karakter
password pada alat ini dibuat sebanyak 4 karakter, dengan tampilan pada LCD
berupa karakter (*) yang bertujuan supaya keamanan sistem lebih terjamin. Modul
ini dilengkapi dengan sebuah Kipas AC dan Lampu Bohlam sebagai keluaran yang
digunakan sebagai indikator apabila sudah ada password yang telah dimasukkan. Data
yang diterima oleh mikrokontroler dari Keypad akan digunakan untuk mengontrol keluaran
berupa Kipas AC dan Lampu Bohlam.
Kata Kunci : Arduino, Keypad Matriks, LCD, Kipas AC, Lampu Bohlam.
Abstract - Room Using Password Security System is a system that is used as a safety
space within an institution. This module use Keypad as input with LCD as output
which will display character entered password. The number of characters a
password on the device for as many as four characters, the display on the LCD
in the form of characters (*), which aims to be the system's security is
guaranteed. This module is equipped with an AC fan and lamp bulb as an output
that is used as an indicator of when the existing password has been entered.
Data received by the microcontroller on the keypad will be used to control the
output of the AC fan and lamp bulb.
Keyword : Arduino, Keypad Matrix, LCD, AC Fan, Lamp Bulb.
I.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada saat ini keamanan suatu ruangan sangat penting
apalagi untuk ruangan-ruangan penyimpanan seperti brankas atau ruangan yang
menyimpan dokumen penting. Sistem keamanan yang aman sangat diperlukan agar
tidak terjadi pencurian. Biasanya untuk menjaga keamanan sebuah ruangan agar
aman dan terhindar dari pencurian maka sebuah ruangan diberi penjaga atau
satpam. Namun lama kelamaan seiring kemajuan teknologi muncul ide-ide untuk
membuat sistem keamaan yang canggih, efisien, dan tentu lebih aman dari
sebelumnya.
Sistem pengaman ruangan menggunakan password ini
sangat berguna apabila digunakan pada sebuah ruangan yang membutuhkan tingkat
keamanan yang tinggi. Sistem pengaman ruangan ini memanfaatkan Keypad Matriks
sebagai masukkan password yang dapat membuka sistem dalam ruangan serta penggunaan
alat listrik dalam ruangan akan terkontrol, apabila tidak ada orang maka tidak
ada peralatan listrik yang menyala. Sehingga lebih efektif dan efisien dalam
penghematan energi. Apabila kita memasukan password yang benar, maka akan
memberikan supply listrik ke peralatan yang ada di dalam ruangan sehingga
peralatan listrik yang diinginkan dapat menyala. Apabila kita salah memasukkan
password, maka lampu akan menyala sebagai indikator bahwa password yang
dimasukkan salah.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan
permasalahan yang terdapat pada latar belakang, maka disusun rumusan masalah
sebagai berikut :
1. Bagaimana agar sistem
pengaman ruangan ini dapat mengontrol lampu pada sebuah ruangan menggunakan
masukkan password dari Keypad Matriks?
2. Bagaimana agar dapat mengembangkan Mikrokontroller Arduino Uno dengan masukkan Keypad
Matriks dan indikator luaran berupa LCD, Kipas AC 220v, dan Lampu Bohlam?
1.3 Ruang Lingkup
Berdasarkan
rumusan masalah tersebut,
agar pembahasan terfokus pada perumusan masalah yang akan dibahas pada alat ini
sebagai berikut :
1.
Data masukkan password yang
diterima oleh mikrokontroler dari Keypad akan digunakan untuk mengontrol output
Kipas AC 220v dan Lampu Bohlam.
2.
LCD akan menampilkan karakter
password yang diinputkan melalui Keypad Matriks dalam karakter (*) agar
keamanan sistem lebih terjamin.
3.
Kipas AC 220v akan ON dan
Lampu Bohlam akan OFF, saat password yang diinputkan melalui Keypad Matriks
benar. Sedangkan Kipas AC 220v akan OFF dan Lampu Bohlam akan ON, saat password
yang diinputkan melalui Keypad Matriks salah.
4.
Apabila password yang
diinputkan salah, maka perlu menekan tombol (#) agar sistem mereset password
yang telah dimasukkan sebelumnya.
1.4 Tujuan
Adapun tujuan yang ingin
dicapai dalam pembuatan Proyek Arduino ini adalah sebagai berikut :
1. Dapat mengontrol Kipas AC 220v dan Lampu Bohlam menggunakan password yang diinputkan melalui Keypad Matriks.
2. Dapat mengembangkan Mikrokontroller Mikrokontroller Arduino Uno dengan masukkan Keypad
Matriks dan indikator luaran berupa LCD, Kipas AC 220v, dan Lampu Bohlam.
3. Menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan
pada peralatan elektronik.
II.
TINJAUAN PUSTAKA
Penjelasan dan uraian
teori penunjang yang digunakan dalam membuat alat ini diperlukan untuk
mempermudah pemahaman tentang cara kerja rangkaian maupun dasar-dasar perencanaan
pembuatan alat. Teori-teori yang akan dijelaskan dalam bab ini meliputi: Arduino
Uno, Keypad, LCD, Kipas AC, Lampu, dan Optotriac.
2.1 Arduino Uno
Arduino Uno adalah sebuah board mikrokontroler yang didasarkan pada
ATmega328. Arduino Uno mempunyai 14 pin digital input/output (6 di antaranya dapat
digunakan sebagai output PWM, 6 input analog, sebuah osilator Kristal 16 MHz,
sebuah koneksi USB, sebuah power jack, sebuah ICSP header, dan sebuat tombol
reset). Arduino Uno memuat semua yang dibutuhkan untuk menunjang
mikrokontroler, mudah menghubungkannya ke sebuah computer dengan sebuah kabel
USB atau mensuplainya dengan sebuah adaptor AC ke DC atau menggunakan baterai
untuk memulainya.
Gambar 1.
Mikrokontroller Arduino Uno
Setiap
14 pin digital pada Arduino Uno dapat digunakan sebagai input dan output,
menggunakan fungsi pinMode(), digitalWrite(),
dan digitalRead(). Fungsi-fungsi
tersebut beroperasi di tegangan 5 Volt. Setiap pin dapat memberikan atau
menerima suatu arus maksimum 40 mA dan mempunyai sebuah resistor pull-up (terputus
secara default) 20-50 KΩ. Selain itu, beberapa pin mempunyai fungsi-fungsi
spesial:
·
Serial: 0 (RX) dan 1 (TX).
Digunakan untuk menerima (RX) dan memancarkan (TX) serial data TTL
(Transistor-Transistor Logic). Kedua pin ini dihubungkan ke pin-pin yang sesuai
dari chip Serial Atmega8U2 USB-ke-TTL.
·
External Interrupts: 2 dan 3.
Pin-pin ini dapat dikonfigurasikan untuk dipicu sebuah interrupt (gangguan)
pada sebuah nilai rendah, suatu kenaikan atau penurunan yang besar, atau suatu
perubahan nilai. Lihat fungsi attachInterrupt() untuk
lebih jelasnya.
·
SPI: 10 (SS), 11 (MOSI), 12
(MISO), 13 (SCK). Pin-pin ini menghubungkan komunikasi SPI
menggunakan SPI
library.
·
LED: 13.
Ada sebuah LED yang terpasang, terhubung ke pin digital 13. Ketika pin bernilai
HIGH LED menyala, ketika pin bernilai LOW LED mati.
Arduino
UNO mempunyai 6 input analog, diberi label A0 sampai A5, setiapnya memberikan
10 bit resolusi (contohnya 1024 nilai yang berbeda). Secara default, 6 input
analog tersebut mengukur dari ground sampai tegangan 5 Volt, dengan itu mungkin
untuk mengganti batas atas dari rangenya dengan menggunakan pin AREF dan
fungsi analogReference().
Di sisi lain, beberapa pin mempunyai fungsi spesial:
·
TWI: pin A4 atau SDA dan pin
A5 atau SCL. Mensupport komunikasi TWI dengan menggunakan Wire library
·
AREF.
Referensi tegangan untuk input analog. Digunakan dengan analogReference().
Reset. Membawa saluran ini LOW untuk mereset mikrokontroler. Secara khusus, digunakan untuk menambahkan sebuah tombol reset untuk melindungi yang memblock sesuatu pada board.
Reset. Membawa saluran ini LOW untuk mereset mikrokontroler. Secara khusus, digunakan untuk menambahkan sebuah tombol reset untuk melindungi yang memblock sesuatu pada board.
2.2 Keypad Matriks
4x4
Keypad matriks adalah tombol-tombol yang disusun
secara matriks (baris x kolom) sehingga dapat mengurangi penggunaan pin input
mikrokontroller. Keypad matriks 4x4 ini menggunakan 8 pin untuk menampilkan 16
karakter. Hal tersebut dimungkinkan karena rangkaian tombol disusun secara
horizontal dan vertikal, yang membentuk baris dan kolom.
Gambar
2. Keypad Matriks 4x4
Bagian keypad ini digunakan sebagai
input yang kemudian akan diproses oleh Arduino Uno, sehingga hasilnya kemudian
akan ditampilkan pada LCD. Keypad yang digunakan adalah Keypad Matriks 4x4 yang
dimanfaatkan untuk memasukan kode password ke mikrokontroler.
2.3 LCD 16x2
LCD (Liquid Crystal Display)
adalah suatu jenis media tampil yang menggunakan kristal cair sebagai penampil
utama. LCD sudah digunakan diberbagai bidang misalnya alal-alat elektronik
seperti televisi, kalkulator, ataupun layar komputer. LCD merupakan lapisan
dari campuran organik antara lapisan kaca bening dengan elektroda transparan
indium oksida dalam bentuk tampilan seven-segment dan lapisan elektroda pada
kaca belakang. Ketika elektroda diaktifkan dengan medan listrik (tegangan),
molekul organik yang panjang dan silindris menyesuaikan diri dengan elektroda
dari segmen. Lapisan sandwich memiliki polarizer cahaya vertikal depan dan
polarizer cahaya horisontal belakang yang diikuti dengan lapisan reflektor.
Cahaya yang dipantulkan tidak dapat
melewati molekul-molekul yang telah menyesuaikan diri dan segmen yang
diaktifkan terlihat menjadi gelap dan membentuk karakter data yang ingin
ditampilkan.
Gambar
3. LCD 16x2
Pada aplikasi ini, LCD yang
digunakan memiliki jumlah karakter 16x2. LCD ini berfungsi sebagai penampil
yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan karakter password yang sesuai
yang dikehendaki.
2.4 Kipas AC
220v
Motor arus bolak-balik (motor
AC) adalah suatu mesin yang berfungsi mengubah tenaga listrik arus
bolak-balik (listrik AC) menjadi tenaga gerak atau tenaga mekanik berupa
putaran dari pada rotor. Motor listrik arus bolak-balik dapat dibedakan atas
beberapa jenis. Pada motor AC, arus dilewatkan melaui kumparan, dan akan
menghasilkan torsi pada kumparan, dimana motor hanya dapat bekerja pada
frekuensi gelombang sinus.
Gambar
4. Kipas AC 220v
Dalam motor AC umumnya medan
magnet yang dihasilkan oleh elektromagnet didukung oleh tegangan AC sama dengan
kumparan motor. Kumparan yang menghasilkan medan magnet disebut sebagai
"stator", sedangkan kumparan dan inti padat yang berputar disebut
"dinamo". Dalam motor AC medan magnet sinusoidal bervariasi, seperti
arus dalam kumparan bervariasi.
2.5 Lampu Bohlam
Lampu bohlam atau dikenal
dengan lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan
melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang
kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen
panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen
tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.
Gambar
5. Lampu Bohlam
Energi listrik yang
diperlukan lampu pijar untuk menghasilkan cahaya yang terang lebih besar
dibandingkan dengan sumber cahaya buatan lainnya seperti lampu
pendar dan diode cahaya. Lampu pijar dipasarkan dalam berbagai macam
bentuk dan tersedia untuk tegangan kerja yang bervariasi dari mulai 1,25 volt
hingga 300 volt. Pada pembuatan Proyek Arduino ini, lampu bohlam yang
digunakan memiliki tegangan kerja 220VAC yang diperoleh dari sumber listrik
PLN.
2.6 Optotriac
Optotriac
atau Optoisolator merupakan komponen semikonduktor
yang tersusun atas LED infra merah dan
sebuah photo triac yang digunakan sebagai pengendali triac. Optoisolator
biasanya digunakan sebagai antar muka (interface) antara rangkaian pengendali
dengan rangkaian daya (triac) dan juga sebagai pengaman rangkaian kendali,
karena antara LED infra merah dan photo triac tidak terhubung secara elektrik,
sehingga bila terjadi kerusakan pada rangkaian daya (triac) maka rangkaian
pengendali tidak ikut rusak.
Gambar 6. Optotriac
Optoisolator
biasanya terdiri dari dua macam yaitu optoisolator yang terintegrasi dengan
rangkaian zero crossing detector dan optoisolator yang tidak memiliki rangkaian
zero cossing detector. Optoisolator yang terintegrasi dengan zero crossing
detector biasanya menggunakan triac sebagai solid state relay (SSR), sedangkan
pada optoisolator yang tidak terintegrai dengan zero crossing detector biasanya
menggunakan triac untuk mengendalikan tegangan.
III.
PERANCANGAN ALAT
Bab ini membahas tentang perancangan dan pembuatan
alat ‘’Sistem Pengaman Ruangan Menggunakan Password”. Pada perancangan alat ini
meliputi perancangan perangkat lunak (software), dan perangkat keras
(hardware).
3.1 Penentuan Spesifikasi
Alat
Spesifikasi
alat ditetapkan terlebih dahulu sebagai acuan dalam perancangan. Spesifikasi
alat yang direncanakan yaitu sebagai berikut :
1.
Arduino Uno dapat
dinyalakan dengan tegangan suplay sebesar 9V, baik menggunakan batterai ataupun
adaptor.
2.
Keypad Matriks 4x4 digunakan untuk
memasukkan karakter password ke mikrokontroler Arduino Uno.
3.
LCD 16x2 digunakan untuk
menampilkan karakter password berupa (*) agar keamanan sistem lebih terjamin.
4.
Kipas AC 220v dan Lampu Bohlam
digunakan sebagai indikator keluaran.
5.
Digit kode password
yang digunakan berjumlah empat digit.
6.
Alat ini tidak memiliki fitur untuk
merubah kode password dari keypad langsung, melainkan harus memprogram ulang pada mikrokontroler Arduino Uno.
3.2 Perancangan Diagram
Blok
Diagram
blok sistem merupakan salah satu bagian terpenting dalam perancangan dan
pembuatan alat ini, karena dari diagram blok dapat diketahui prinsip kerja
keseluruhan rangkaian. Tujuan lain diagram blok ini adalah memudahkan proses
perancangan dan pembuatan pada masing-masing bagian, sehingga akan terbentuk
suatu sistem yang sesuai dengan perancangan sebelumnya.
Gambar 7. Diagram Blok Sistem Secara Keseluruhan
Keterangan diagram blok :
1.
Keypad Matriks 4x4 digunakan
sebagai masukkan berupa karakter password.
2.
Mikrokontroler Arduino Uno
digunakan untuk memproses data masukkan karakter password, kemudian akan
menampilkan pada keluaran.
3.
LCD berfungsi untuk
menampilkan karakter password yang dimasukkan melalui Keypad.
4.
Kipas AC dan Lampu Bohlam
digunakan sebagai luaran yang menjadi indikator apakah password yang dimasukkan
sudah benar ataupun salah.
3.3 Prinsip Kerja Alat
Pada
perancangan alat “Sistem Pengaman Ruangan
Menggunakan Password’’ ini pada kondisi awal LCD akan menampilkan tulisan
‘’Pass” pada baris 1 sebagai tanda bahwa diperlukan adanya password yang harus
dimasukkan. Kemudian perlu menekan keypad sebagai masukkan password, password pada
perangkat ini dibuat sebanyak 4 digit dengan karakter “1234”.
Setelah password dimasukkan harus menekan tombol (*)
untuk tombol enter. Apabila password yang dimasukkan benar maka kipas akan
menyala selama 5 detik dan lampu akan padam, serta LCD akan menampilkan tulisan
“Success…”. Sedangkan apabila password yang dimasukkan salah, maka kipas akan padam
dan lampu akan nyala, serta LCD akan menampilkan tulisan “Wrong…”. Untuk
kembali ke posisi awal, maka perlu menekan tombol (#) yang difungsikan sebagai
reset untuk kembali mengulang memasukkan password.
3.4 Perancangan Perangkat
Keras
Perancangan
perangkat keras ini Mikrokontroller Arduino Uno mendapatkan supply tegangan 5 Volt DC, Modul Bluetooth
mendapatkan supply tegangan 5 Volt DC, Keypad Matriks mendapatkan supply tegangan 5 Volt DC, sedangkan Kipas dan Lampu Bohlam mendapatkan supply tegangan 220 Volt AC. Karena Kipas dan Lampu Bohlam dikontrol oleh
tegangan DC, maka kami menggunakan Rangkaian Optotriac dengan menggunakan MOC 3020 dan Triac
sebagai komponen utama driver untuk mengontrol Kipas dan Lampu Bohlam.
Gambar
8. Rangkaian Sistem Secara Keseluruhan
3.5 Perancangan
Perangkat Lunak
Perangkat
lunak ini berfungsi untuk mengatur kinerja keseluruhan dari sistem yang terdiri
dari beberapa perangkat keras sehingga sistem ini dapat bekerja dengan baik.
Perangkat lunak yang dirancang dengan menggunakan program Arduino. Untuk memberikan
gambaran umum jalannya program dan memudahkan pembuatan perangkat lunak, maka
dibuat diagram alir yang menunjukan jalannya program. Diagram alir program
ditunjukan pada gambar sebagai berikut :
Gambar
9.
Flowchart Program
IV.
PENGUJIAN ALAT
Pengujian alat ini bertujuan untuk mengetahui apakah
modul lampu ini dapat bekerja atau tidak. Pada perancangan alat
“Sistem Pengaman Ruangan
Menggunakan Password’’ ini pada kondisi awal LCD akan menampilkan tulisan
‘’Pass” pada baris 1 sebagai tanda bahwa diperlukan adanya password yang harus
dimasukkan.
Kemudian perlu menekan keypad sebagai masukkan
password, password pada perangkat ini dibuat sebanyak 4 digit dengan karakter
“1234”.
Setelah password dimasukkan harus menekan tombol (*) sebagai
tombol enter. Apabila password yang dimasukkan benar maka kipas akan menyala
selama 5 detik dan lampu akan padam, serta LCD akan menampilkan tulisan
“Success…”.
Sedangkan apabila password yang dimasukkan salah, maka
kipas akan padam dan lampu akan nyala, serta LCD akan menampilkan tulisan
“Wrong…”. Untuk kembali ke posisi awal, maka perlu menekan tombol (#) yang
difungsikan sebagai reset untuk kembali mengulang memasukkan password.
V.
KESIMPULAN
Setelah
dilakukan perancangan, pembuatan, serta pengujian dan analisis pada Proyek Arduino ini, maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut :
1. Program sistem pengaman
ruangan menggunakan password ini sangat berguna apabila digunakan pada sebuah
ruangan yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi.
2. Penggunaan alat listrik dalam
ruangan akan terkontrol, apabila tidak ada orang maka tidak ada peralatan yang
menyala. Sehingga lebih efektif dan efisien dalam penghematan energi.
3. Apabila password yang dimasukkan
kedalam sistem benar, maka akan memberikan supply listrik ke peralatan yang ada
di dalam ruangan sehingga peralatan listrik yang diinginkan dapat menyala.
4. Apabila password yang dimasukkan
kedalam sistem salah, maka lampu akan menyala sebagai indikator bahwa password
yang dimasukkan salah.
5. Untuk mereset apabila terjadi
kesalah dalam memasukkan password, maka perlu menekan tombol (#) yang
difungsikan sebagai tombol reset dalam sistem pengaman ruangan ini.
REFERENSI
[1] Arduino Home Page. (2012). Arduino Uno. [Online]. Tersedia: http://www.arduino.cc/en/Main/arduinoBoardUno [07 Januari
2016]
[2] Wikipedia. (2013,April). TRIAC
[Online]. Tersedia:
[3] Com-08653. (2011). Keypad Rubber Datasheets. [Online]. Tersedia: http://dlnmh9ip6v2uc.cloudfront.net/datasheets/Components/General/SparkfunCOM-08653-Datasheet.pdf
[08 Januari 2016]
[4] Nailul Falah. (2012,April). IC MOC3020 [Online]. Tersedia: http://talinglinggo.blogspot.com/2012/04/ic-moc302013.html [08 Januari 2016]
[5] Belajar
Arduino. (2014,Juli). Sistem Pembuka Pintu Menggunakan Password [Online]. Tersedia: http://belajarduino.blogspot.co.id/2014/07/sistem-pembuka-pintu-menggunakan.html [09 Januari 2016]
bang boleh minta source code nya
BalasHapusPayahhhhh
BalasHapus